Ke Al-Azhar? Fikirkanlah Lagi


Belajar ke Mesir tidak hanya tentang kuliah di Universitas Al-Azhar, tetapi juga tentang 'kuliah kehidupan'.

Di sini tempat bagi orang-orang yang berani berjuang, berani berkorban, berani mengambil resiko, dan bukan tempat orang-orang manja yang takut resiko.

Jika ingin belajar dengan tujuan mendapatkan fasilitas mewah dengan suasana kelas ekskutif jangan pergi ke Al-Azhar. Masih banyak tempat lain yang fasilitasnya lebih bagus daripada Al-Azhar. Karena di sini kamu harus rela bersusah-susah. Ini penempaan sekaligus pembiasaan sebab medan nyata kita setelah selesai kuliah tidak semuanya memberikan fasilitas bagus.

Jika ingin belajar dengan tujuan mendapatkan uang bulanan (beasiswa) jangan pergi ke sini. Meskipun hal itu ada namun masih banyak tempat lain yang siap memberimu lebih banyak. Carilah tempat lain yang bisa memuaskan sisi materi yang diinginkan.

Jika ingin ke Al-Azhar hanya demi mencari gengsi jangan pergi ke sini. Karena kamu dijamin akan tersiksa jika pola yang tertanam hanya sebatas itu, Carilah tempat lain, masih banyak tempat yang menawarkan gengsi tanpa perlu usaha sekeras di sini.

Namun...

Jika kamu ingin kuliah demi ilmu dan siap menanggung segala risikonya, datanglah ke Al-Azhar. Lembaga yang keilmuannya terbukti banyak melahirkan ulama-ulama muktabar dan ulama-ulama yang bicaranya dalam skala dunia serta terdepan dalam soal kemoderatan Islam.

Jika kamu orang yang berani beresiko datanglah ke Al-Azhar, seberapa kamu merasa pintar di sini lah tempat mengujinya. Kamu boleh bangga ketika di pesantren rutin juara kelas, tetapi di Al-Azhar? Cobalah!
Tak sedikit yang di sekolahnya dulu nilai nya bagus namun di Al-Azhar berulang kali tidak naik tingkat.

Di sini tempat yang akar keilmuannya tertanam kuat, sumbernya murni, manuskrip mudah dicari, sanadnya terjaga, kualitasnya mewah, namun untuk mendapatkannya murah meriah, tinggal mau lelah atau tidak, itu saja.

Di sini lembaga yang pengajar nya tidak 'mengimpor' dari lembaga lain, semua murni hasil gemblengan sang ibu kandung -Al-Azhar-

Banyak sekali universitas keislaman di penjuru dunia memasok pengajar dari Al-Azhar,  namun adakah Al-Azhar memasok pengajar yang bukan alumni nya? Silahkan dicari.

Di sini juga tempat yang banyak sekali tokoh dan pemikir nya menjadi kiblat bermacam lembaga, ormas dari berbagai penjuru dunia. Jika ingin memandang dunia lebih luas, datanglah.

Di sini 'universitas kehidupan', jika kamu berani bertarung, datanglah. Tempat yang juga unik karena untuk mendeskripsikan makna "bertahan" ada banyak tafsiran.

Di sini juga sebuah tempat yang punya istilah "mudah daftar nya, susah lulus nya".

اهْبِطُوا مِصْرًا فَإِنَّ لَكُم مَّا سَأَلْتُم ~ البقرة :٦١
ادْخُلُوا مِصْرَ إِن شَاءَ اللَّهُ آمِنِينَ ~ يوسف :٩٩

Amar Aziz

Tidak ada komentar:

Travelling

[Travelling][bigposts]